ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Fase : E (Kelas X)
Jenjang : SMK 1 Pandeglang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Mengungkap Fakta Alam
Secara Objektif
1.
RASIONAL
Rasional
Alur Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian tujuan yang disusun secara logis
menurut ururtan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia kompetensi berbahasa, bersastra, dan berpikir
merupakan fondasi dari kemampuan literasi. Semua bidang kajian, bidang
kehidupan, dan tujuan-tujuan sosial menggunakan kemampuan literasi. Literasi
menjadi kemampuan sangat penting yang digunakan untuk bekerja dan belajar
sepanjang hayat. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan
pembelajaran literasi untuk berbagai tujuan berkomunikasi dalam konteks sosial
budaya Indonesia. Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam pembelajaran
menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan mempresentasikan untuk
berbagai tujuan berbasis genre yang terkait dengan penggunaan bahasa dalam
kehidupan. Setiap genre memiliki tipe teks yang didasarkan pada alur
pikir—struktur—khas teks tertentu. Tipe teks merupakan alur pikir yang dapat
mengoptimalkan penggunaan bahasa untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat.
Model utama yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah pedagogi
genre. Model ini memiliki empat tahapan, yaitu: penjelasan (explaining,
building the context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint
construction), dan pemandirian (independent construction). Di samping pedagogi
genre, pembelajaran bahasa Indonesia dapat dikembangkan dengan model-model lain
sesuai dengan pencapaian pembelajaran tertentu. Pembinaan dan pengembangan
kemampuan berbahasa Indonesia akan membentuk pribadi Pancasila yang beriman,
bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berpikir kritis,
mandiri, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Penyusunan Alur
Tujuan Pembelajaran dilakukan berdasarkan pengalaman peserta didik pada fase E.
2.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
a.
Menyimak : Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan,
pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak
berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar
wicara.
b. Membaca dan Memirsa : Peserta didik mengevaluasi informasi berupa gagasan,pikiran,pandangan, arahan
atau pesan dari teks deskripsi, laporan,narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi
dan diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang
tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk
mengungkapkan
gagasan dan perasaan simpati, peduli,
empati, dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara
kreatif. Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan
kualitas data serta membandingkan dengan isi teks.
c. Menulis : Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau
pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam
bentuk teks informasional
dan/atau fiksi. Peserta didik mampu
menulis teks eskposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja.
Peserta didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan
ekonomi kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak
maupun digital.
d. Berbicara dan Mempresentasikan
: Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan,
pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah
dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut,
kritis, dan kreatif.
Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan
sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik berkontribusi lebih
aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan
materi diskusi, melaksanakan tugas dan
fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu mengungkapkan simpati, empati, peduli,
perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal.
3.
Elemen
:
a.
Menyimak
b.
Membaca dan Memirsa
c.
Menulis
d.
Berbicara
dan Mempresentasikan
4.
Subelemen:
Menyimak
Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.
Membaca dan Memirsa:
Peserta didik mampu mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari teks
deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks
visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.
Peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan
perasaan simpati, peduli, empati, dan/atau pendapat pro/ kontra dari teks
visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik menggunakan sumber lain
untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan dengan isi teks.
Menulis:
Pelajar didik mampu menulis gagasan, pikiran,
pandangan, arahan, atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis,
kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi. Peserta
didik mampu menulis teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia
kerja. Peserta didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk
tujuan ekonomi kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media
cetak maupun digital.
Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta
didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau
pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah dan solusi dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta
didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi.
Peserta didik berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi
diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu mengungkapkan
simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks
fiksi dan nonfiksi multimodal.
5.
Tabel Alur Tujuan
Pembelajaran
No |
ATP |
Kata/Frasa/Kunci/Topik/Konten Dan
Penjelasan Singkat |
Profil
Pelajar Pancasila |
Alokasi Waktu |
Indikator Penilaian
Pembelajaran |
1 |
Peserta didik mampu
mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan,
pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks
(nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu
mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
dari teks deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan
diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat
dan tersirat. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan
gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati, dan/atau pendapat pro/ kontra
dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik menggunakan sumber
lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan dengan isi
teks. |
Pada fase ini,
peserta didik mampu: mengevaluasi dan mengkreasi informasi
berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat Pada akhir fase ini, peserta didik
mampu: ·
menemukan makna tersurat dan
tersirat pada teks laporan. ·
menilai akurasi dan kualitas
data dalam laporan dengan menggunakan informasi pada teks eksplanasi sebagai
pembanding. ·
memahami informasi dalam teks
melalui identifikasi kata-kata baru yang digunakan dalam konteks topik
sains/sosial tertentu dalam tulisan. |
Mandiri, bergotong
royong, bernalar kritis, kreatis. Mandiri, bergotong
royong, bernalar kritis, kreatis. |
45 x 4 JP 4 x pertemuan |
·
Mengevaluasi
informasi ·
Mengkreasi
informasi ·
Menemukan makna tersurat dan
tersirat pada teks laporan. ·
Menilai akurasi dan kualitas
data dalam laporan dengan menggunakan informasi pada teks eksplanasi sebagai
pembanding. ·
Memahami informasi dalam teks melalui
identifikasi kata-kata baru yang digunakan dalam konteks topik sains/sosial
tertentu dalam tulisan. |
2 |
Pelajar didik mampu
menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan tertulis untuk
berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks
informasional dan/atau fiksi. Peserta didik mampu menulis teks eksposisi
hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Peserta didik mampu
mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif.
Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun digital. |
Pada akhir fase ini,
peserta didik mampu: ·
menulis gagasan dalam bentuk
laporan hasil observasi secara logis dan etis. ·
mengubah laporan hasil observasi
ke dalam format kreatif yang dapat diterbitkan di media cetak maupun
elektronik. |
Mandiri, bergotong
royong, bernalar kritis, kreatis. |
|
·
Menulis gagasan dalam bentuk
laporan hasil observasi secara logis dan etis. ·
Mengubah laporan hasil observasi
ke dalam format kreatif yang dapat diterbitkan di media cetak maupun
elektronik. |
Pandeglang, 03 November 2022
Guru
Mapel,
Sri
Hartati, M.Pd.
Komentar
Posting Komentar