TAHAPAN
DALAM B-A-G-J-A
0leh:
Sri hartati, M.Pd.
Apakah
yang dimaksud dengan Bagja?
BAGJA merupakan akronim (singkatan) dari 5 langkah utama yang digunakan
dalam sebuah proses Inkuiri Apresiatif. Inkuiri apresiatif merupakan sebuah pendekatan kolaboratif
untuk mengetahui kondisi suatu organisasi atau komunitas dalam mengembangkan
perilaku suatu organisasi dan dijalankan dalam suasana yang positif dan
apresiatif.
Lima tahapan utama
yang dijalankan dalam akronim BAGJA tersebut adalah:
1.
Buat pertanyaan utama
2.
Ambil Pelajaran
3.
Gali Mimpi bersama
4.
Jabarkan rencana untuk
mencapai gambaran yang diinginkan
5.
Atur Eksekusi
Gerakan yang saya buat adalah dengan dibuatnya
“Gerakan Literasi Cantik”
Kegiatan ini saya lakukan berdasarkan
rendahnya minat membaca siswa. Dengan adanya gerakan literasi ini, saya
mengharapkan tumbuhnya motivasi siswa dalam membaca sekaligus menumbuhkan
pembiasaan-pembiasaan baik yang akan menguatkan karakter positif siswa.
Kerangka BAGJA kegiatan saya sebagai berikut.
1.
(BUAT PERTANYAAN
UTAMA)Bagaimana cara paling efektif dalam menyebarluaskan gerakan literasi
cantik untuk siswa SMKN 1 Pandeglang?
Saya
bekerja sama dengan petugas perpustakaan sekolah menyebarluaskan gerakan ini
dengan melakukan kegiatan ringan setiap pagi keliling ke tiap kelas dengan
membawa troli berisi buku-buku bacaan ringan. Ternyata cara ini cukup efektif
bagi saya untuk menumbuhkan minat baca siswa.
2.
Apakah daya dukung
yang dibutuhkan?
(AMBIL
PELAJARAN)Daya dukung saya salah satunya adalah saya telah berhasil membawa
siswa saya menjadi juara baik di tingkat kabupaten maupun provinsi bahkan telah
mengantarkan saya dan siswa saya ke kejuaraan nasional. Hal ini menjadi bukti
bahwa dengan banyak membaca akan membuka wawasan pengetahuan siswa.
Oleh
karena itu, saya ingin berbagi pengalaman kepada siswa dan berharap siswa
dengan senang hati melakukan seperti yang sudah saya lakukan.
3.
GALI MIMPI
-
Makin banyak siswa
berkunjung ke perpustakaan.
-
Motivasi membaca siswa
meningkat.
-
Rekan-rekan guru
perlahan mulai senang mengunjungi perpustakaan.
4.
JABARKAN RENCANA
-
Mempublikasikan
gerakan literasi cantik ke komunitas di sekolah.
-
Mengadakan lomba-lomba
yang mengasah kemampuan siswa dalam membaca.
-
Melalui perlombaan
tersebut, dapat menginspirasi sekolah lain untuk melakukan gerakan yang sama.
-
Mulai dilakukan sedini
mungkin.
5.
ATUR EKSEKUSI
-
Saya dan tim membuat
program kerja gerakan literasi cantik.
-
Saya dan tim sesekali
mengikuti pelatihan atau mengadakan kegiatan dengan mendatangkan pemateri dari
luar sekolah.
-
Pendamping melakukan
pendampingan dan umpan balik.
Komentar
Posting Komentar