TAHAPAN DALAM B-A-G-J-A

0leh: Sri hartati, M.Pd.

 

Apakah yang dimaksud dengan Bagja?

BAGJA merupakan akronim (singkatan) dari 5 langkah utama yang digunakan dalam sebuah proses Inkuiri Apresiatif. Inkuiri apresiatif merupakan sebuah pendekatan kolaboratif untuk mengetahui kondisi suatu organisasi atau komunitas dalam mengembangkan perilaku suatu organisasi dan dijalankan dalam suasana yang positif dan apresiatif.

Lima tahapan utama yang dijalankan dalam akronim BAGJA tersebut adalah:

1.    Buat pertanyaan utama

2.    Ambil Pelajaran

3.    Gali Mimpi bersama

4.    Jabarkan rencana untuk mencapai gambaran yang diinginkan

5.    Atur Eksekusi

 

Gerakan yang saya buat adalah dengan dibuatnya “Gerakan Literasi Cantik”

Kegiatan ini saya lakukan berdasarkan rendahnya minat membaca siswa. Dengan adanya gerakan literasi ini, saya mengharapkan tumbuhnya motivasi siswa dalam membaca sekaligus menumbuhkan pembiasaan-pembiasaan baik yang akan menguatkan karakter positif siswa.

 

Kerangka BAGJA kegiatan saya sebagai berikut.

 

1.    (BUAT PERTANYAAN UTAMA)Bagaimana cara paling efektif dalam menyebarluaskan gerakan literasi cantik untuk siswa SMKN 1 Pandeglang?

Saya bekerja sama dengan petugas perpustakaan sekolah menyebarluaskan gerakan ini dengan melakukan kegiatan ringan setiap pagi keliling ke tiap kelas dengan membawa troli berisi buku-buku bacaan ringan. Ternyata cara ini cukup efektif bagi saya untuk menumbuhkan minat baca siswa.

 

2.    Apakah daya dukung yang dibutuhkan?

(AMBIL PELAJARAN)Daya dukung saya salah satunya adalah saya telah berhasil membawa siswa saya menjadi juara baik di tingkat kabupaten maupun provinsi bahkan telah mengantarkan saya dan siswa saya ke kejuaraan nasional. Hal ini menjadi bukti bahwa dengan banyak membaca akan membuka wawasan pengetahuan siswa.

Oleh karena itu, saya ingin berbagi pengalaman kepada siswa dan berharap siswa dengan senang hati melakukan seperti yang sudah saya lakukan.

 

3.    GALI MIMPI

-       Makin banyak siswa berkunjung ke perpustakaan.

-       Motivasi membaca siswa meningkat.

-       Rekan-rekan guru perlahan mulai senang mengunjungi perpustakaan.

 

4.    JABARKAN RENCANA

-       Mempublikasikan gerakan literasi cantik ke komunitas di sekolah.

-       Mengadakan lomba-lomba yang mengasah kemampuan siswa dalam membaca.

-       Melalui perlombaan tersebut, dapat menginspirasi sekolah lain untuk melakukan gerakan yang sama.

-       Mulai dilakukan sedini mungkin.

 

5.    ATUR EKSEKUSI

-       Saya dan tim membuat program kerja gerakan literasi cantik.

-       Saya dan tim sesekali mengikuti pelatihan atau mengadakan kegiatan dengan mendatangkan pemateri dari luar sekolah.

-       Pendamping melakukan pendampingan dan umpan balik.

Komentar